082331474419 087855956699
Info
Shopping Cart
Subtotal :
Rp 0

Distributor Media Pemadam Api

by ADRIAN on 2020-03-12 10:44:21

Distributor Media Pemadam Api – Melindungi gedung atau bangunan dari bahaya kebakaran adalah upaya penting yang harus Anda lakukan untuk mencegah kerugian akibat kebakaran. Sebab, kebakaran tidak hanya merugikan finansial dan aset berharga Anda. Namun juga mengancam keselamatan nyawa. Berbagai strategi dalam sistem proteksi gedung dari kebakaran bisa Anda upayakan, misalnya menyediakan berbagai alat pemadam kebakaran. Alat pemadam kebakaran akan sangat bermanfaat dalam mengendalikan api saat keadaan darurat kebakaran agar tidak semakin bertambah besar.

Alat pemadam kebakaran bisa berupa tabung pemadam api maupun alat pemadam api otomatis. Distributor alat pemadam biasanya juga akan jual alat pemadam otomatis. Yang pasti, berbagai alat pemadam api akan menggunakan media pemadam yang disesuaikan dengan jenis kelas kebakaran. Pemilihan media pemadam yang tepat akan membantu upaya pemadaman kebakaran menjadi lebih efektif. Di distributor yang produksi pemadam kebakaran, Anda bisa mendapatkan berbagai jenis alat pemadam kebakaran termasuk jenis media pemadamnya.

  1. Dry chemical powder

Media pemadam dry chemical powder sangat cocok digunakan untuk memadamkan api pada kebakaran kelas A, B, dan C. Media ini berupa zat kombinasi dari fosfat monoamonium dan amonium sulfat yang akan mengganggu reaksi kimia pada api kebakaran. Sifat dry chemical powder tidak konduktif sehingga aman digunakan untuk memadamkan api pada peralatan elektronik. Namun media dry powder ini pun bisa digunakan untuk kebakaran kelas K  di mana api yang dipicu oleh konsentrasi lemak tinggi. Bisa juga untuk kebakaran kelas D yang dipicu oleh terbakarnya logam. Untuk kebakaran kelas D ini yang digunakan adalah dry powder khusus. Media powder memiliki masa kedaluwarsa 3 tahun, sehingga Anda harus melakukan pengisian ulang sesegera mungkin. Terutama sebelum masa kedaluwarsa atau setelah tabung digunakan meski media pemadam belum habis. Meskipun tidak menutup kemungkinan, ada juga media powder dengan masa kedaluwarsa lebih lama. Apabila membutuhkan media powder, Anda bisa menghubungi distributor yang menyediakan powder pemadam kebakaran.

 

2. Karbon dioksida (CO2)

Media alat pemadam api juga ada yang berupa karbon dioksida (CO2). Bahan pemadam ini sangat cocok digunakan untuk memadamkan kelas kebakaran B dan C. Bisa juga digunakan untuk kebakaran kelas E yang disebabkan oleh arus pendek kelistrikan. Anda bisa mendapatkan bahan pemadam gas CO2 ini dengan harga terjangkau di supplier yang tepat. Media pemadam jenis CO2 ini memiliki masa berlaku hingga 3 tahun. Setelah itu, harus tetap dilakukan isi ulang meskipun alat pemadam tersebut belum habis atau bahkan belum pernah terpakai.

3. Foam

Media pemadam berupa  foam / busa yang cocok untuk memadamkan kebakaran kelas A, B, dan kebakaran kelas K. Ketika membutuhkan media pemadam foam, pilihlah supplier yang menyediakan berbagai jenis pemadam foam secara lengkap. Termasuk memilih supplier yang memiliki gudang busa foam liquid untuk kebutuhan isi ulang alat pemadam Anda. Jenis media foam ini ada bermacam-macam yaitu sebagai berikut.

  • Busa Foam AFFF (Aqueous Film Forming Foam)

Foam AFFF adalah media berbasis air dan biasanya mengandung surfaktan berbasis hidrokarbon. Media foam AFFF ini cocok untuk memadamkan kebakaran kelas A dan B. Pilihlah supplier yang memiliki gudang busa foam AFFF, supaya Anda bisa memastikan bahwa produk yang ditawarkan supplier tersebut tidak abal-abal.

  • Busa Foam AR-AFFF (Alcohol Resistant Aqueous Film Forming Foam)

Media ini berupa busa (foam) yang tahan terhadap reaksi alkohol. Ketika disemprotkan, media ini dapat membentuk cairan pelindung. Foam AR-AFFF cocok untuk kelas kebakaran A dan B.

  • Busa Foam Protein

Foam protein merupakan media pemadam yang mengandung protein alami sebagai agen busa yang bisa diurai oleh organisme (biodegradable). Sifat foam protein ini menyebar lebih lambat. Akan tetapi lebih tahan panas dan tahan lama. Foam jenis ini cocoknya digunakan untuk memadamkan kebakaran kelas B.

  • Busa Foam FP (Fluoroprotein Foam)

Jenis media foam yang satu ini juga termasuk dalam jenis foam protein. Di mana foam ini pun memiliki sifat biodegradable. Busa foam protein ini termasuk busa kelas B.

  • Busa Foam AR-FP (Alcohol Resistant Fluoroprotein Foam)

Foam AR-FP merupakan konsentrat busa protein fluoro yang mengandung surfaktan dengan fluor yang diformulasikan dalam basis cairan busa protein. Fluorosurfaktan yang larut dalam air akan membuat foam stabil pada bahan bakar larut air seperti alkohol, keton, dan lain sebagainya.

  • Busa Foam FFFP (Film Forming Fluoroprotein)

Busa foam FFFP ini ideal digunakan untuk memadamkan api dari cairan hidrokarbon yang mudah terbakar. Media ini memiliki kemampuan membentuk film. Foam dengan basis protein ini akan membentuk selimut foam kohesif yang tahan terhadap panas dan cepat membentuk film.

  • Busa Foam AR-FFFP (Alcohol Resistant Film Forming Fluoroprotein )

Busa AR-FFFP cocok digunakan dalam situasi berisiko tinggi di mana terdapat banyak cairan hidrokarbon. Misalnya adalah minyak, bensin, solar, minyak tanah, pelarut polar, dan lain sebagainya. Maka pengaplikasiannya biasanya di tempat penyimpanan hidrokarbon, pembangkin listrik, gudang, dan lain-lain.

  • Busa Foam Fire Class A

Foam kebakaran kelas A biasanya digunakan untuk pemadaman kebakaran hutan. Foam kelas A ini dapat menurunkan tegangan permukaan air yang membantu saturasi bahan bakar kelas A dengan air. Maka saat pemadaman kebakaran, api akan tercegah untuk hidup kembali.

  • Busa Foam High Expansion

Foam high expansion ini termasuk busa dengan kualitas tinggi untuk memadamkan kebakaran dari hidrokarbon. Formula dari foam ini sangat stabil, tahan lama, dan efektif untuk kelas kebakaran A dan B.

  • Busa Foam F-500

Foam F-500 ini merupakan busa pemadam yang diformulasikan secara alami. Busa ini sering disebut sebagai zat pendingin, agen pembasah, agen pembersih, dan tidak mengandung PFOA maupun PFOS. Busa ini menggunakan teknis micro-cyst untuk memadamkan kebakaran, mengontrol kebocoran zat berbahaya maupun gas berbahaya.

4. Clean Agent

Bahan pemadam clean agent merupakan jenis zat pemadam berbentuk gas cair. Media pemadam ini adalah pengganti halon, contohnya yaitu HFC-227EA dan HFC-236FA. Kedua media pemadam ini lebih aman karena tidak merusak lapisan ozon. HFC-227EA menjadi bahan pemadam yang cocok digunakan untuk kebakaran kelas A, B, dan C. Sehingga, aman digunakan untuk proteksi gedung seperti ruang komputer, ruang telekomunikasi, server, dan lain sebagainya. Sementara itu HFC 236FA menjadi gas pengganti halon yang biasanya digunakan sebagai media tabung pemadam. Selain itu, ada pula media FM200 yang berisi gas HFC-227EA. Masa berlaku tabung APAR bermedia pemadam clean agent yaitu 3 tahun. Maka sebelum itu, Anda harus melakukan isi ulang. Termasuk apabila alat pemadam telah digunakan meskipun medianya belum habis. Apabila membutuhkan isi ulang media clean agent, pilihlah supplier yang menyediakan daftar harga FM200 dan daftar harga media sejenis. Dengan demikian, Anda bisa memilih kebutuhan Anda disesuaikan dengan budget.

Untuk segala kebutuhan media pemadam api, Anda bisa memilih PD Hanselindo. Kami merupakan distributor media pemadam api bersertifikasi. Berbagai jenis media pemadam api tersedia dengan harga yang masuk akal sesuai dengan kualitasnya. Di tempat kami juga dijual alat pemadam kebakaran yang ready stock dengan berbagai ukuran untuk kebutuhan proteksi gedung / bangunan Anda.